Home » » Resep Cake Marmer Kukus

Resep Cake Marmer Kukus

Written By Unknown on Minggu, 10 Juli 2011 | 22.16



Cake Marmer Kukus


Sejak berhasil membuat Cake Kukus Coklat yang pernah saya posting sebelumnya, saya jadi  bernafsu untuk membuat varian cake kukus lainnya. Tidak seperti yang saya bayangkan bahwa membuat cake kukus itu sulit, ternyata setelah tahu tipsnya beberapa kali membuat cake kukus berakhir sukses. Hmm, bagi pemula seperti saya kemajuan ini sangat berarti. Memotivasi dan mengobarkan semangat.


Berikut ini tipsnya berdasarkan pengalaman saya:
  1. Gunakan baking powder yang fresh dan belum kadaluarsa, jika anda tidak yakin dengan tanggal expired di kemasannya sebaiknya jangan digunakan. Baking powder dan baking soda merupakan booster utama cake yang kita buat agar mengembang sempurna jadi gunakan yang berkualitas dan masih baik kondisinya. Selama saya membuat cake, baking powder merk Hercules yang saya gunakan belum pernah mengecewakan. Sebelumnya saya berulangkali menggunakan merk-merk di luar itu yang banyak dijual di supermarket atau minimart dan berulangkali pula hasilnya mengecewakan hanya saja saat itu saya tidak tahu permasalahannya. Sejak menggantinya dengan Hercules dan selama saya membuatnya mengikuti instruksi dan takaran yang benar tidak ada lagi cake bantat.
  2. Ayak semua bahan kering (tepung, garam, baking powder) sebelum dicampur dengan bahan basah. Kocok bahan basah (gula, mentega, telur, emulsifier, vanilla ekstrak) terpisah hingga mengembang baru masukkan bahan kering dan aduk pelan-pelan dengan menggunakan spatula.
  3. Panaskan dandang kukusan sebelum digunakan supaya panasnya stabil. Gunakan api sedang untuk mengukus dan jangan membuka tutup dandang selama waktu pengukusan. Rata-rata cake kukus memerlukan waktu + 40 - 50 menit untuk memasaknya, jadi beri air cukup banyak pada dasar dandang hingga hampir menyentuh saringan kawat supaya air tidak habis selama proses mengukus yang cukup panjang.
  4. Olesi permukaan loyang cake dengan mentega agak banyak dan taburi tepung hingga semua permukan loyang tertutup untuk menghindari cake lengket pada loyang.
  5. Tutup permukaan kukusan dengan kain lap bersih agar uap air bisa terserap oleh kain dan tidak jatuh ke permukaan kue. 
Okeh, sejauh ini baru lima tips ini yang bisa saya bagi untuk anda, jika ada tips lainnya saya akan posting di artikel berikutnya.

Cake marmer ini sendiri merupakan salah satu cake kukus yang saya comot dari buku memasak Ny. Liem, 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati. Cake kukus ini lembut dan moist. Saya hanya menggunakan separuh resep saja sehingga loyang loaf yang saya gunakan tidak penuh. 


Untuk efek marmernya, saya akui karena adonan yang kental membuat agak sulit menciptakan lapisan marmer seperti yang ada di buku. Hasil akhir efek marmernya memang kurang maksimal. Resep asli menggunakan pasta coklat, untuk resep ini pasta coklatnya saya ganti dengan pasta black forrest, anda bisa menggantinya dengan coklat bubuk.   


Selamat mencoba!





Cake Marmer
Resep diadaptasikan dari buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati.


Resep ini untuk satu resep, saya menggunakan 1/2 resep di bawah

Bahan:
- 190 gram mentega
- 190 gram margarine
- 12 gram cake emulsifier, misal: Tbm, Sp, Ovalet (saya menggunakan Ovalet)
- 275 gram gula halus
- 1/4 sendok teh garam halus
- 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/2 sendok teh bubuk vanila
- 1 sendok makan rum bakar (saya tidak pakai)
- 4 butir telur
- 375 gram tepung terigu serba guna
- 1 sendok teh baking powder
- 225 ml susu cair
- 1 sendok makan pasta coklat atau coklat bubuk

Cara membuat:
Siapkan loyang, saya menggunakan loyang loaf, ukuran 24 x 10 x 7, beri olesan mentega dan tutup  dengan taburan tepung di seluruh permukaannya. 

Ayak bahan kering menjadi satu: tepung terigu, garam, baking powder.

Dalam mangkuk mixer, kocok mentega, margarine, gula, emulsifier dan vanila ekstrak, pertama dengan speed rendah agar tercampur kemudian rubah menjadi speed sedang hingga bahan mengembang dan adonan berubah warna menjadi putih. Masukkan telur satu persatu, pastikan telur tercampur merata dalam setiap penambahan. Kocok terus hingga tercampur rata. Matikan mixer.


Tambahkan terigu dan susu cair bergantian, dengan menggunakan spatula aduk perlahan agar rata. Ambil kira-kira 1/4 adonan, beri pasta/bubuk coklat, aduk rata. 


Tuang adonan putih dan coklat secara bergantian ke loyang hingga adonan habis. Kukus ke dalam panci pengukus yang telah dipanaskan sebelumnya. Tutup mulut kukusan dengan kain bersih agar uap air tidak menetes ke permukaan kue. Kukus selama 45 menit hingga matang. Jangan membuka-buka tutup kukusan sebelum kue matang, karena kue akan gagal mengembang.



Angkat dan dinginkan selama 5 menit. Keluarkan cake dari loyang dan dinginkan sempurna di rak kawat. Potong-potong cake jika benar-benar telah dingin.


Cak siap disajikan. Enjoy!

0 komentar:

Posting Komentar