Home » » Resep Cake Kukus Pisang & Choco Chips

Resep Cake Kukus Pisang & Choco Chips

Written By Unknown on Minggu, 10 Juli 2011 | 22.12



Cake Kukus Pisang & Choco Chips



Blogger is back! Ahh, betapa frustasinya ketika hari Kamis dan Jumat kemarin, blog tidak bisa diakses oleh si pemilik blog karena adanya masalah di Blogger. Parahnya lagi, Google men-delete semua perubahan yang dilakukan baik dalam bentuk postingan atau editan lainnya yang dilakukan pada tanggal 11 Mei 2011 siang. Menurut penjelasan Eddie Kessler, Tech Lead/Manager, Blogger, postingan tanggal 11 Mei tersebut masih tersimpan di data mereka dan akan dikembalikan jika semua permasalahan teratasi. 


Yah, aplikasi teknologi memang tidak selalu mulus hanya saja gangguan seperti ini untuk blog sekelas Blogger dan dimiliki oleh Google cukup mengganggu dan membuat pemilik blog bertanya-tanya untuk berpindah ke provider gratisan lainnya seperti Wordpress atau Multiply. Itu sempat terlintas di benak saya, bahkan saya telah membuat sebuah account di Wordpress dan jika trouble seperti ini akan sering terjadi mungkin saya benar-benar akan bermigrasi kesana :(





Nah, bagi yang sempat melihat postingan cake kukus ini pada Kamis pagi kemarin dan kemudian mungkin bertanya-tanya kemana resep cake kukus pisang & choco chips ini raib. Sekarang saya posting ulang kembali artikelnya. Ya, saya harus mengetik ulang dan ya, saya tidak menyimpan artikel yang saya posting di blogger pada hard-disk saya :(.  Cake kukus ini sudah lama sekali saya buat hanya saja baru sempat saya posting sekarang karena resepnya baru saya temukan kemarin ketika sedang membereskan rak buku di rumah. 




Resep cake kukus ini sebenarnya merupakan hasil modifikasi yang saya lakukan pada cake pisang versi panggang, resepnya anda bisa klik di Mudahnya Membuat Cake Pisang (Banana Bread). Tentu saja dengan beberapa modifikasi yang saya lakukan. Cake yang sangat moist dan lembut ini saya buat dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersisa di kulkas seperti choco chips dan yoghurt, kecuali untuk pisangnya. Pisang ambon ini kebetulan adalah oleh-oleh dari tante saya yang sedang berkunjung ke rumah Pete. Jadi cake ini menjadi camilan ketika kami mengobrol sekaligus buah tangan ketika tante saya pulang ke Depok.


Cake ini sangat mudah dibuat dan tidak memerlukan waktu yang lama, anda cukup memasukkan bahan-bahan kedalam mangkuk besar, aduk-aduk dan kukus deh. Mudah kan? Sebagaimana cake dengan teknik memasak seperti ini maka kekuatan utama terletak pada baking powder yang berkualitas baik dan cara mengolah serta  mengukus yang benar agar cake anda berakhir sukses. Untuk yoghurt-nya sengaja saya tambahkan karena kebetulan masih ada sisa di kulkas dan cake menjadi lebih lezat dan lembut, anda bisa skip untuk penggunaan bahan ini. 


Berikut resepnya ya jika anda berminat untuk mencoba.




Cake Kukus Pisang & Choco Chips
Resep dimodifikasi dari The Fresh Loaf - Better Banana Bread 


Untuk 1 loyang cake ukuran 23 x 8 cm


Bahan: 
- 300 gram pisang ambon, lumatkan dengan garpu - jangan diblender
- 240 gram tepung terigu serba guna, saya menggunakan Segitiga Biru
- 2 sendok teh baking powder, pastikan berkualitas baik dan masih fresh
- 1/2 sendok teh garam
- 200 gram gula pasir
- 200 ml susu cair
- 1 1/2 sendok teh vanila ekstrak atau 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 3 butir telur ayam, kocok lepas
- 120 ml mentega cair
- 150 gram choco chips
- 150 gram yoghurt (optional) saya menggunakan merk Yummy


Cara membuat:
Siapkan loyang, olesi dengan mentega dan taburi tepung terigu pada permukaannya. Sisihkan. 


Siapkan mangkuk, campur dan ayak tepung terigu, baking powder dan garam. Sisihkan.




Siapkan mangkuk yang besar, masukkan pisang yang telah dihaluskan. Tambahkan ayakan tepung terigu kedalam pisang, aduk rata menggunakan spatula. Tambahkan gula pasir, vanila ekstrak, aduk-aduk. Masukkan telur kocok dan susu, aduk seperlunya hanya agar tercampur saja. 


Tuangkan mentega cair ke dalam adonan, aduk rata. Mentega cair suka sekali mengendap di dasar adonan karena itu pastikan spatula menyentuh dasar mangkuk saat mengaduk adonan sehingga mentega cair terangkat keatas dan tercampur baik dengan adonan.






Masukkan choco chips diikuti dengan yoghurt, aduk rata. Jangan berlebihan dalam mengaduk ya, hanya agar tercampur saja




Tuangkan adonan ke dalam cetakan yang telah disiapkan. Masukkan ke dalam dandang kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya hingga airnya mendidih. Tutupi permukaan kukusan dengan lap bersih yang mampu menyerap air, tutup dengan penutup kukusan rapat-rapat. 


Dengan api sedang, kukus cake selama minimal 50 menit, jangan buka penutup kukusan selama cake di kukus agar cake mengembang sempurna. Setelah lebih dari 50 menit, test cake dengan lidi jika tidak ada adonan yang menempel di lidi keluarkan cake dan dinginkan sebentar di loyang kira-kira 5 menit. Balikkan cake di piring datar, dinginkan sempurna sebelum dipotong-potong dengan pisau tajam.


Cake siap disajikan. Enjoy!

0 komentar:

Posting Komentar