Home » » Resep Cake Kukus Kelapa Pandan

Resep Cake Kukus Kelapa Pandan

Written By Unknown on Minggu, 10 Juli 2011 | 22.58



Cake Kukus Kelapa Pandan

 


Menurut saya cake kukus memang lebih legit dan lembut dibandingkan cake yang dipanggang, selain legit cake kukus juga lembab/moist. Uap air saat proses pengukusan memang membuat tekstur kue menjadi lembab. Tidak terkecuali cake kukus kelapa pandan yang saya posting kali ini. Kue ini moist, lembut dan gurih sekali. Kelapa yang menjadi komposisi utamanya menjadi penyebabnya, saya menggunakan kelapa muda parut, santan kelapa kental dan daging kelapa muda yang dikerok. Hmm, so yummy!


Tentu saja resep cake ini mengalami modifikasi dari resep aslinya. Cake kelapa ini sebenarnya dipanggang dan menggunakan kelapa parut kering, tetapi berhubung tagihan listrik membengkak gara-gara saya kebanyakan menggunakan oven listrik maka saya mencoba teknik kukus saja. Hasilnya tidak mengecewakan kok, cake kukus kelapa pandan ini tetap mantap rasanya.


Tipsnya: 
  1. Untuk kelapa parutnya, gunakan kelapa yang muda sehingga cake lebih lembut. Kupas terlebih dahulu kulit ari kelapa sebelum di parut.
  2. Santannya saya menggunakan santan instan yang saya encerkan dengan air. Anda tentu saja bisa menggunakan santan kelapa yang masih segar. Santan ini bisa anda ganti dengan susu cair jika anda berusaha menghindari konsumsi lemak yang berlebih.
  3. Untuk daging kelapa mudanya, cari yang benar-benar masih muda sehingga dagingnya lembut.
  4. Gunakan baking powder yang benar-benar fresh sehingga cake kukus anda mengembang dengan baik, cek terlebih dahulu tanggal kedaluarsa baking powder yang akan anda gunakan. Jika telah lewat masa expired atau mulai berbentuk gumpalan sebaiknya jangan digunakan.
  5. Kelapa parut yang masih muda biasanya suka bergumpal dan sulit tercampur merata di dalam adonan, agar tercampur baik saya mixer sebentar dengan kecepatan tinggi sekitar 10 - 15 detik. Jangan terlalu lama mengocoknya ya. 
  6. Pastikan dandang kukusan diisi dengan air yang cukup banyak karena cake akan kita kukus minimal 45 menit. 
  7. Panaskan dandang terlebih dahulu hingga air dalam dandang mendidih baru masukkan loyang berisi adonan ke dalamnya.
  8. Beri selembar kain lap bersih di permukaan dandang untuk menyerap uap air yang timbul saat proses pengukusan dan jangan buka-buka penutup dandang hingga cake matang. Membukanya saat cake baru setengah naik akan membuatnya menjadi bantat.
  9. Pastikan kue benar-benar dingin saat akan dipotong dan gunakan pisau yang tajam, tujuannya agar cake tidak hancur.
Berikut resepnya ya. 




Cake Kukus Kelapa Pandan
Resep diadaptasikan dari website Website Indobase.com - Coconut Cake

Untuk 1 loyang cake, diameter 23 x 9 cm


Bahan:
- 200 gram mentega, suhu ruang
- 225 gram gula pasir
- 220 gram tepung terigu serba guna
- 1/2 sendok teh garam
- 1 1/2 sendok teh baking powder (pastikan masih fresh)
- 1 sendok teh pasta pandan (resep asli tidak menggunakannya)
- 3 butir telur
- 250 ml santan: diperoleh dari 100 ml santan kental Kara, encerkan dengan 150 ml air (resep asli menggunakan susu cair)
- 200 gram kelapa muda parut, pastikan kulit ari kelapa dikupas sebelum diparut (resep asli menggunakan kelapa parut kering)
- Daging kelapa muda dari 1 butir kelapa(resep asli tidak ada)


Cara membuat:
Siapkan loyang cake diameter 23 x 9 cm, olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung. Sisihkan.

Ayak tepung terigu, garam dan baking powder, sisihkan.

Dalam mangkuk mixer, kocok mentega hingga menjadi cream, tambahkan gula pasir dan kocok dengan kecepatan tinggi hingga mentega lembut dan berwarna pucat agak keputihan. Masukkan pasta pandan, terus mixer hingga pasta tercampur rata.



Masukkan telur satu persatu, pastikan telur tercampur dengan baik sebelum menambahkan telur berikutnya, terus kocok hingga menjadi adonan yang tercampur baik. Matikan mixer. Masukkan tepung terigu dan santan secara bergantian dalam 3 tahapan, dengan menggunakan spatula aduk perlahan. Pastikan tepung dan santan tercampur rata sebelum ditambahkan bagian berikutnya.



Masukkan kelapa parut, mixer kembali adonan dengan kecepatan tinggi dan kocok sebentar saja hanya agar kelapa tercampur baik, kira-kira 10-15 detik. Matikan mixer. 

Tata daging kelapa muda di dasar loyang secara merata, tuangkan adonan diatasnya. Ratakan permukaan adonan dengan mengangkat dan menjatuhkan loyang perlahan diatas meja. 



Masukkan air cukup banyak ke dalam dandang kukusan karena proses pengukusan memakan waktu 45 - 50 menit. Panaskan kukusan hingga air mendidih, masukkan loyang berisi adonan, tutup permukaan kukusan dengan kain lap bersih. Tutup dengan penutupnya. Kukus selama 45-50 menit. Jangan buka penutup kukusan selama pengukusan. 



Jika telah lebih dari 45 menit, buka kukusan dan angkat cake. Dinginkan selama 5 menit, keluarkan dari loyang dan biarkan dingin sempurna sebelum dipotong-potong untuk disajikan. 



Enjoy!
Source:
Website Indobase.com - Coconut Cake

0 komentar:

Posting Komentar