Home » » Resep Kue Mangkok Ubi

Resep Kue Mangkok Ubi

Written By Unknown on Minggu, 10 Juli 2011 | 22.10



Kue mangkuk merupakan kue tradisional yang telah dikenal sejak jaman kakek-nenek kita atau bahkan mungkin lebih lama lagi dari itu. Kue ini umum dijumpai di pasar-pasar yang masih menjajakan aneka penganan tradisional dan termasuk ke dalam kategori jajan pasar. Kue mangkuk yang dimasak dengan cara dikukus ini sebenarnya hampir sama dengan kue apem, bedanya jika kue apem terbuat dari tepung beras maka kue mangkuk yang memiliki tekstur lebih lembut ini terbuat dari tepung terigu, walaupun ada juga yang menggunakan tepung beras untuk membuatnya dan menyebutnya dengan kue mangkuk juga.
Resep yang kali ini saya bagi untuk anda adalah kue mangkuk yang menggunakan ubi jalar kuning sebagai campuran bahannya. Teksturnya lembut, sedikit kenyal dan legit. Agar warna kuningnya lebih cerah dan terlihat segar maka saya menambahkan beberapa tetes pewarna kuning ke dalam adonannya, jika ubi jalar yang anda pergunakan telah memiliki warna jingga yang cerah maka tambahan pewarna ini tidak diperlukan. Selain ubi jalar, talas kukus yang dihaluskan juga bisa dijadikan sebagai alternatif penggantinya.
Walaupun sangat sedap, sayangnya kue mangkuk yang saya buat ini kurang sukses mekarnya dan tidak secantik kue mangkuk yang terdapat di buku. Kemungkinannya adalah saat mengukus saya tidak mengikuti instruksi yang dianjurkan di buku, bahwa pertama kali kue dikukus dengan api besar selama 15 menit kemudian dengan api kecil selama 15 menit berikutnya hingga kue mekar dan mengembang. Yang saya lakukan adalah dari awal hingga kue matang menggunakan api yang besar. Mungkin saya memang harus menambah jam terbang untuk membuatnya menjadi lebih sukses. Next time :)

Berikut resepnya jika anda berminat.

Kue Mangkuk Ubi Jalar Kuning
Resep diadaptasikan dari  buku 500 Resep Kue & Masakan Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati - Kue Mangkuk Talas/Ubi Jalar 

Untuk + 20 kue, saya menggunakan 1/2 resep di bawah


Bahan:
Bahan untuk biang ragi:
- 100 ml air kelapa
- 50 gram tepung terigu protein rendah
- 1 sendok makan ragi instan

Bahan kue:
- 400 gram tepung terigu protein sedang
- 400 gram talas/ubi jalar kuning yang dihaluskan
- 400 gram gula pasir
- 250 ml santan instan, saya pakai Kara
- 50 ml air
- 2 kuning telur
- 1 putih telur
- 1 sendok teh garam
- 2 sendok teh vanili bubuk
- beberapa tetes pewarna kuning (optional)

Cara membuat:
Siapkan mangkuk kecil, masukkan air kelapa, tepung terigu dan ragi instan. Campur dan aduk rata. Diamkan selama 20 menit hingga mengembang. 


Siapkan mangkuk mixer, campurkan ubi/talas halus, gula vanili dan garam menjadi satu, kocok dengan mixer kecepatan rendah hingga tercampur rata. Tuangkan biang ragi, kocok hingga rata. 


Masukkan telur, terus kocok hingga tercampur. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil bergantian dengan santan dan air. Kocok dengan mixer kecepatan rendah hingga menjadi adonan yang tercampur baik, tambahkan beberapa tetes pewarna kuning dan aduk rata. Matikan mixer. Biarkan adonan selama + 1 jam hingga mengembang. Sesaat sebelum dicetak, aduk adonan sebentar. 

Adonan yang mengembang tampak berbusa dan ringan
Tuang adonan ke dalam cetakan kue mangkuk yang telah dialasi dengan cup kertas hingga 1/2 dari cetakan kertas. Kukus ke dalam panci pengukus selama 15 menit dengan api besar kemudian kecilkan api dan lanjutkan mengukus selama 15 menit hingga kue merekah dan matang. Angkat dan keluarkan dari cetakan kue mangkuk. 


Kue siap dihidangkan selagi hangat.

0 komentar:

Posting Komentar